Sabtu, 11 Juni 2016

PAKAN Pertemuan Kedua : Pelatihan Pembuatan Hijauan yang di Fermentasi




        Sudah berlalu beberapa minggu untuk penerbitan artikel yang terakhir kali. Apalagi ditambah kesibukan pribadi dan perkuliahan penulis sehingga memang harus pandainya dalam membagi waktu dalam mengatur aktifitas sehari-hari. Ditambah lagi, si pembuat artikel kemampuan menulisnya masih dalam tahap perkembangan, hehe. Sudah cukup untuk basa-basinya, pada artikel PAKAN kali ini akan membahas menenai kegiatan pakan yang ke-2 ketika di kampus.
      
        PAKAN 2016 untuk pertemuan kedua yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian diadakan pada tanggal 9 April 2016. Ketika semua peserta sudah berkumpul di belakang kandang Peternakan. Selanjutnya, peserta menerima arahan dari PM untuk membersihkan lahan Hijauan yang masing-masing kelompok didampingi oleh masing-masing “danpok”nya. Setelah lahan sudah dibersihkan dan siap untuk ditanami hijauan, panitia menyerahkan hijauan tersebut kepada masing-masing danpok untuk membimbing peserta untuk menanam dilahan yang sudah selesai dibersihkan bersama-sama.

       Setelah kegiatan menanam hijauan dianggap selesai, peserta istirahat terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa lelah. Setelah selang beberapa menit, selanjutnya penyampaian materi dari pihak panitia yaitu Fajri Ardiansyah. Materi yang disampaikan pada pertemuan kedua ini ialah berkaitan dengan silase. Setelah penyampaian materi selesai dilaksanakan maka kegiatan yang mengasah kerjasama kelompok dan hasil dari pemberian materi pun tiba, yakni pratik langsung pembuatan silase.

        Hal pertama yang dilakukan peserta dalam proses pembuatan silase ialah mencampur bahan pengawet silase dengan hijauan. ketika selesai melakukan pencampuran, hijauan yang telah diberi dedak dan gula merah tersebut kemudian dimasukkan kedalam kantong. Setelah itu, kantong yang berisi hijauan dimasukkan ke dalam silo yang sebelumnya telah dibuat oleh para peserta, dan proses pembuatan silase pun berakhir. Setelah pembuatan silase berakhir, maka panitia mengadakan game untuk menghibur peserta. lalu setelah kembali disekitar kandang dan beristirahat sejenak, peserta pun diperbolehkan pulang dan berakhirlah kegiatan PAKAN 2016 pada pertemuan kedua.


       Cukup sekian cerita pendek mengenai kegiatan Pakan 2016 pada pertemuan kedua. Jangan lupa untuk membaca cerita dan artikel lainnya di blog ini ya. Jika ada kawan-kawan anggota HIMASITER yang berminat untuk menulis artikel untuk blog Himasiter-Untan.blogspot.co.id bisa menghubungi Fajri Ardiansyah selaku ketua bidang Medinfo Himasiter. Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html